About Us

Pondok Pesantren Sabilurrosyad

Sebagai lembaga pendidikan yang terus berinovasi, Pondok Pesantren Sabilurrosyad tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan akademis yang ketat kepada santri yang nantinya akan keluar dari sekolah siap untuk kehidupan dengan skill kepemimpinan dan pelayanan kepada masyarakat dan komunitas mereka. Dari Tahfidzul Qur’an, Pendidikan berbahasa Arab dan Inggris, Pendidikan kedisiplinan, olahraga  hingga musik dan seni, setiap hari di lingkungan pesantren diisi dengan kegiatan yang memperkaya sekaligus menyenangkan.

Pondok Pesantren Sabilurrosyad adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah). Dirintis sejak tahun 1990 oleh (Alm) Drs. H. Iding Rosyadijaya yang pada awal pendiriannya, kegiatan pesantren dilaksanakan dengan sistem tradisional.

Pondok Pesantren Sabilurrosyad terletak di Jalan Raya Jatinagara No.19, Dayeuhluhur, Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46273.  Lokasi pesantren sangat strategis karena berada tepat di pinggir jalan kabupaten Ciamis (jalan raya Hayawang-Rajadesa) , yang mana hal tersebut memudahkan komunikasi dan mobilitas, baik dengan instansi pemerintah kabupaten maupun dengan masyarakat luas.

Profil Pendiri Pondok Pesantren Sabilurrosyad

            Pendiri Pesantren Sabilurrosyad adalah (Alm) Drs. H. Iding Rosyadijaya, seorang tokoh masyarakat desa yang berpengaruh, seorang putra daerah kelahiran desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara. Beliau berkiparh sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil Pengadilan Agama di Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Sepanjang perjuangan memajukan pendidikan di desa,  Beliau didampingi oleh seorang istri bernama (Almh) Hj. Aan Mardiyanah yang juga memiliki jiwa sosial dan perhatian yang sangat tinggi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan kualitas pendidikan di Desa Dayeuhluhur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sejarah Berdiri

Sebelum Pondok Pesantren Sabilurrosyad berdiri pada tahun 1990, (Alm) Drs. H. Iding Rosyadijaya terlebih dahulu mendirikan balai pendidikan setingkat SLTP yang bernama Madrasah Tsanawiyah Sabilurrosyad. Madrasah Tsanawiyah Sabilurrosyad ini lah yang menjadi cikal bakal pendirian Pesantren Sabilurrosyad. Juga dengan latar belakang kecintaan pendiri terhadap ilmu agama dan keinginan yang kuat untuk memajukan pendidikan di lingkungan Desa Dayeuhluhur, Pesantren Sabilurrosyad terbangun. Ketika itu, pendirian Pondok Pesantren Sabilurrosyad juga diharapkan dapat melengkapkan pengetahuan para siswa dalam ilmu agama selain apa yang mereka dapatkan di Madrasah Tsanawiyah Sabilurrosyad.

Pada tahun 1990, sebagai awal pendirian asrama Pondok Pesantren Sabilurrosyad dibangun sebuah bagunan 3 lantai. Bangunan yang cukup besar waktu itu dengan kapasitas daya tampung santri putra dan putri, aula, ruang perkantoran dan tempat tinggal pengajar pesantren.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Pondok Pesantren Sabilurrosyad berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Sabilurrosyad dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang, hingga saat ini memiliki 3 unit pendidikan di bawah Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad. Unit pendidikan tersebut adalah :

  1. Madrasah Tsanawiyah Sabilurrosyad
  2. Madrasah Aliyah Sabilurrosyad
  3. Raudhatul Athfal Sabilurrosyad

Pada tahun 2020 Pondok Pesantren Sabilurrosyad mengalami pembaharuan sistem pendidikan dari sistem pendidikan tradisional menjadi sistem pendidikan pesantren modern. Sebagai jenis pesantren modern, santri Pondok Pesantren Sabilurrosyad mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam. Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan kampus.

Di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren modern, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Pola Dasar Pendidikan

Dalam upaya tercapainya pendidikan, Pesantren Sabilurrosyad menerapkan pola dasar pendidikan yang meliputi :

Panca Jiwa adalah pendidikan yang ditanamkan kepada setiap santri untuk membentuk dan melandasi kepribadiannya ;

  1. Jiwa Keikhlasan
  2. Jiwa Kesederhanaan
  3. Jiwa Mandiri
  4. Jiwa Ukhuwah Islamiyah
  5. Jiwa Bebas Merdeka

 Satuan Pendidikan

            Satuan Pendidikan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Sabilurrosyad adalah :

  1. Madrasah Tsanawiyah
  2. Madrasah Aliyah
  3. Pendidikan Tahfidz ( Nonformal )
  4. Pendidikan Khusus Santri tingkat SD ( informal )
  5. Pendidikan Takshus Pesantren ( Nonformal ) seperti : Nahwu, Sharaf, Balaghoh, Mantiq, Ushuluddin, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadist, Tarikh Islam, Aqidah , Akhlaq dan Khat

Adapun program general untuk masing masing unit pendidikan ( formal dan non formal ) yang pada saat ini dicanangkan adalah :

  1. Program Tahfidzul Qur’an
  2. Program Bahasa Arab dan Inggris
  3. Program Madrasah Bela Negara
  4. Program Profesionalisasi Olahraga ( Futsal dan Voli )

Sumber Daya manusia (SDM)

Pondok Pesantren Sabilurrosyad merupakan lembaga pendidikan ber-asrama, semua santri yang menuntut ilmu di lembaga ini diwajibkan untuk mukim atau menetap di dalam asrama dengan pengawasan 24 jam.

Dengan pola pendidikan yang diterapkan, lembaga ini memerlukan sumber daya manusia yang tepat guna dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar maupun pengawasan para santri di lingkungan asrama.

Tenaga pengajar tersebut disyaratkan sehat jasmani dan rohani, memiliki jenjang pendidikan minimal berlatar belakang pondok pesantren ; yaitu alumni Pondok Modern Gontor atau alumni pondok pesantren didirikan oleh alumni Pondok Modern Gontor. Dengan latar belakang para pengajar yang khas tersebut , lembaga ini dapat memberikan standarisasi pelayanan dan standarisasi pola dasar pendidikan kepada para santri.

Pondok Pesantren Sabilurrosyad selalu meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, baik berupa fasilitas pendidikan hingga pembaharuan program. Pendidikan adalah program inti Pondok Pesantren Sabilurrosyad yang tentu saja harus ditopang dan didukung dengan program-program lainnya. Pondok Pesantren Sabilurrosyad menerapkan sistem pendidikan terpadu, dimana kekurangan sistem akan diisi dengan kelebihan sistem lainnya. Tiga sistem yang diterapkan adalah (1). Sistem Pondok Modern, (2). Sistem Madrasah, (3). Sistem Pesantren Salaf. Pendidikan di Pondok Pesantren Sabilurrosyad juga diarahkan kepada (1). Pendidikan kader-kader umat yang mampu dan terampil di tengah-tengah masyarakatnya, (2). Pembinaan generasi muda yang mampu melanjutkan studinya sesuai dengan bakatnya dan kelak tetap berada di tengah masyarakat dengan menjunjung tinggi amar ma’ruf nahi munkar, (3). Beribadah dan mencari ilmu karena Allah SWT.

Pendidikan bukan saja soal kurikulum pelajaran yang diajarkan di dalam ruang kelas, tetapi pendidikan adalah segala sesuatu hal, baik sadar atau tidak, tentang apa yang manusia dengar, lihat dan rasakan di manapun dan kapan pun.

Pendidikan adalah sesuatu yang penting, bahkan teramat penting bagi manusia karena dengan pendidikan lah bagaimana manusia akhirnya berfikir, memperoleh ide sehingga bertindak serta bertanggung jawab”

Ibrahim Abdullah — Direktur Pendidikan
Mission Statement

Mendidik kader-kader umat dan bangsa yang ber-tafaqqah fiddin ; para ulama, zuama dan aghniya, cendekiawan muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, berdisiplin tinggi berpengetahuan luas, jasmani yang sehat serta bermanfaat.

Our Core Values

Kami memiliki budaya yang modern, relevan, dan menginspirasi santri untuk memiliki masa depan yang lebih cerah. Kami bertekad dalam pendekatan untuk belajar, kreatif dalam pemikiran, dan berani dalam ambisi untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat.

Our Philosophy

Kami, di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, mengikuti pendekatan pendidikan yang berpusat pada anak. Kami memastikan bahwa itu didasarkan pada pengamatan ilmiah bahwa seorang anak sejak lahir hingga dewasa memiliki fase fase tertentu yang harus disentuh oleh pendidikan yang baik. Kami percaya bahwa seorang anak secara alami memiliki rasa ingin tahu dan mampu memulai pembelajaran dalam lingkungan yang mendukung dan yang dipersiapkan dengan matang.