Hadirin Terharu Saat Acara Peringatan 15 Tahun Alm. H. Moh. Iding Rosyadi Jaya

Jatinagara –  Sabtu , tanggal 25 September 2021, Pondok Pesantren Sabilurrosyad Ciamis mengadakan acara doa bersama dalam rangka memperingati haul ke-15 Alm. H. Mohammad Iding Rosyadi Jaya, Pendiri Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad. Acara dilaksanakan diawali shalat zuhur barjamaah di masjid Jami’ Sabilurrosyad Pondok Pesantren Sabilurrosyad. Acara haul ke-15 Alm. H. Moh. Iding Rosyadi Jaya dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat sekitar, tamu undangan, para santri, guru, siswa siswi MA dan MTs Sabilurrosyad dan tentunya keluarga besar dari pendiri Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad.

Sebelum acara doa bersama dimulai, hadirin disuguhkan film pendek tentang perjalanan Alm. H. Mohammad Iding Rosyadi Jaya dalam membangun lembaga. Hadirin cukup khidmat dan antusias saat menyaksikan film pendek biografi sang pendiri yayasan. Narasi yang dibacakan dalam film bagai mantra sihir yang membangunkan ingatan masa lampau. Slide slide foto yang ditampilkan bagai membuka kembali lembaran lembaran memori yang lama tersimpan. Tidak sedikit hadirin terlihat berkaca kaca seperti tak kuat menampung haru ketika melihat kembali perjalanan hidup almarhum. Terutama bagi siapa yang sempat menyaksikan langsung sosok pendiri yayasan semasa hidup beliau. Narasi itu, seolah mengajak mereka kembali menyusuri  masa lalu seakan tidak percaya bahwa sosok panutan tersebut pernah hidup bersama di hati mereka yang kini sosoknya sudah tidak ada. Ingatan itu kembali hidup, bagaimana peran, kesederhanaan, jerih payah, kesungguhan almarhum dalam membangun fasilitas pendidikan atas dasar cinta beliau terhadap tanah kelahiran.

Penonton bertambah bergetar hati mereka menahan tangis ketika narator dalam film juga membacakan bagaimana istri pendiri yayasan berjuang melanjutkan perjuangan dalam membangun Sabilurrosyad. Mengingat istri Alm H. Mohammad Iding Rosyadi Jaya belum lama ini menyusul sang suami ke dalam pangkuanNya.

Hening beberapa saat setelah pemutaran film tersebut, pembawa acara kemudian memberikan sambutan kepada Pimpinan Pesantren Sabilurrosyad, H. Basuni, S.Ag. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran masyarakat, guru, dan segenap keluarga besar yang hadir. Sambutan disusul oleh Ir. H. Moh Nurmuttaqin sebagai Pembina Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad yang juga merupakan putera pertama almarhum. Mewakili keluarga besar almarhum ia berbagi kisah yang beliau dapat dari almarhum semasa hidup. “ bahwa kita sebagai manusia harus mencintai dunia atas dasar cinta kita terhadap akhirat”. Beliau menjelaskan bahwa sebetulnya orang yang mencintai dunia itu berarti dunia yang dicintainya nantinya harus dibawa sampai akhirat, dengan cara apa ? yakni dengan cara menyedekahkan harta tersebut di dunia maka ia kelak akan berjumpa lagi dengan hartanya itu di akhirat, bahkan bertambah. Beliau mengungkapkan, bahwa orang yang seperti itulah yang layak disebut sebagai orang kaya yang sesungguhnya.

Acara diakhiri dengan pembacaan hadoroh, tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh H. Cece yang juga bagian dari keluarga almarhum. Pembacaan doa berlangsung khusu’ yang diperuntukkan terutama untuk almarhum, leluhur dan juga untuk para hadirin.

Bagi pengurus Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad, Acara peringatan doa ini menjadi penting diselenggarakan untuk generasi penerus sebagai bentuk penghormatan atas jasa jasa orang tua yang sudah wafat. Acara seperti inipun dapat mengingatkan kembali bagaimana wujud perjuangan orang tua dalam membangun sesuatu yang bermanfaat. Tentunya bagi anak keturunan agar generasi penerus dapat kembali menghargai dan memanfaatkan secara maksimal serta memperjuangkan nilai nilai baik yang sudah ditanam oleh orang orang terdahulu.

 

Team Redaksi

Ibrahim Abdullah



2 komentar untuk “Hadirin Terharu Saat Acara Peringatan 15 Tahun Alm. H. Moh. Iding Rosyadi Jaya”

  1. MOH Nurmutaqin

    In syaa Allah yg mengenal beliau akan mengingatnya sebagai pejuang yang ikhlas dan ber-visi “mencari Ridho Allah”. Baginya harta sebagai titipan yg harus disalurkan utk memiliki kemanfaatan bagi yang lain melalui perjuangan mendirikan lembaga pendidikan Islam .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *