Kategori
Berita

Kerjasama Yayasan Pendidikan Sabilrrosyad dan Perangkat Desa Dayeuhluhur Dalam Upaya Penanggulangan Covid 19 di Desa Dayeuhluhur Ciamis, Jawa Barat

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 melalui Surat Edaran nomor 9 tahun 2021 memaparkan tentang pembentukan pos komando (Posko) penanganan COVID-19 yang disebut Posko COVID-19 Desa/Kelurahan

Posko COVID-19 Desa/Kelurahan adalah lokasi atau tempat beserta perangkat pelaksana yang menjadi pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi kegiatan penanganan COVID-19 di suatu wilayah desa/kelurahan melalui fungsi pencegahan, fungsi penanganan, fungsi pembinaan, dan fungsi pendukung.

Posko ini pada dasarnya dibuat untuk mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tingkat mikro. PPKM adalah kebijakan pemerintah dalam rangka pengendalian penyebaran COVID-19 sebagaimana dimaksud dalam instruksi Menteri Dalam Negeri. Sedang, PPKM Mikro adalah PPKM yang dilaksanakan berbasis mikro sampai tingkat desa dan kelurahan.

Seperti tercantum dalam surat, hal ini dilatarbelakangi beban sistem kesehatan Indonesia dalam penanganan COVID-19 semakin tinggi akibat gugurnya tenaga kesehatan. Selain itu, tingginya persentase keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19, tingginya penambahan kasus positif, kasus aktif, dan positivity rate yang dapat menyebabkan kelumpuhan sistem kesehatan jika dibiarkan.

Dalam rangka implementasi peraturan pemerintah tersebut, jajaran perangkat Desa Dayeuhluhur telah menetapkan fasilitas Posko Covid-19 yang kebetulan bertempat di salah satu properti milik Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad Dayeuhluhur. 

Sejak Jum’at (9/4/2021) di lokasi yang sudah ditentukan sebagai Posko Covid-19 Desa Dayeuhluhur  sudah terlihat persiapan oleh beberapa aparat desa dibantu oleh beberapa santri Pondok Pesantren Sabilurrosyad berupa kegiatan seperti pemasangan baliho, persiapan properti kebutuhan posko dan kebersihan di sekitar lokasi. 

Dalam sambutan pada acara peresmian dan doa bersama (10/4/2021) yang dihadiri oleh aparat Desa Dayeuhluhur dan masyarakat Desa Dayeuhluhur beserta segenap keluarga besar Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad , Pimpinan Pondok Pesantren Sabilurrosyad, H. Basuni, S.Ag mengatakan bahwa “ Memang Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad yang didirikan oleh Alm H. Iding Rosyadi sebagai putera asli Dayeuhluhur berniat mendirikan lembaga ini sejak sekian puluh tahun lalu dalam rangka membangun desa Dayeuhluhur dalam bidang keagamaan dan pendidikan juga dalam  hal hal lain yang dapat bermanfaat khususnya untuk warga desa Dayeuhluhur, oleh karena itu Pihak Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad dengan tangan terbuka bila mana lembaga diminta untuk berkontribusi untuk kegiatan yang bermanfaat untuk warga desa seperti saat ini. Bahkan putra putri dari Alm H. Iding Rosyadi sudah sepakat untuk meneruskan perjuangan orang tua dalam hal membangun lembaga ini untuk lebih bermanfaat lagi. Insya Allah seluruh properti milik Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad ini akan diwakafkan untuk kebutuhan umat manusia.“ 

Bapak Mumu Rohman, Kepala Desa Dayeuhluhur mengatakan bahwa fasilitas Posko Covid-19 ini mudah mudahan menjadi salah satu sarana desa yang bersifat prefentif dalam penanggulangan Covid-19 khususnya di lingkungan warga desa Dayeuhluhur. Yang nantinya dapat digunakan untuk sarana isolasi mandiri apabila ditemukan salah satu warga yang positif Covid-19. Bapak Kepala Desa juga tetap menghimbau kepada seluruh warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk setiap kegiatan yang diadakan oleh warga Desa Dayeuhluhur. 

 

#Covid-19

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *