Kategori
Berita prestasi

Turnamen Bola Voli Sabilurrosyad

Kamis, 11 Maret 2021 bertepatan dengan peringatan hari besar Islam Isra’ Mi’raj, Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad menggelar turnamen bola voli antar kelas Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Sabilurrosyad. Turnamen dibuka oleh H. Basuni, M.Pd.I selaku Pimpinan Pesantren Sabilurrosyad. Dalam sambutannya, Pimpinan Pesantren Sabilurrosyad mengutarakan maksud dan tujuan digelarnya perhelatan ini dalam rangka mencari bibit bibit unggul dalam bidang olahraga terutama olahraga bola voli. Selain itu, Bapak Pimpinan Pesantren Sabilurrosyad juga mengutarakan bahwa 2 minggu setelah acara turnamen ini akan disusul dengan kegiatan turnamen futsal yang tidak kalah meriah. 

Lembaga Pendidikan Sabilurrosyad memang menaruh perhatian yang lebih di ke dua bidang olahraga Bola Voli dan Futsal. Karena memang sejak tahun ajaran 2020/2021 sudah dicanangkan program olahraga merupakan program yang terintegrasi di semua unit yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad. Selain bidang olahraga, Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad juga memiliki program unggulan lain yang di antaranya Tahfidzul Qur’an, Program Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta Program MABNA. Madrasah Bela Negara. 

Berdasarkan keterangan informasi yang dapat diperoleh di berbagai media informasi milik Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad, dapat dilihat bahwa empat program utama yang diintegrasikan antara Pondok Pesantren dan Madrasah memiliki tujuan yang dirancang untuk bekal skill yang harus dimiliki oleh peserta didik yang diharapkan berguna untuk di masa depan. Seperti halnya Program tahfidzul Qur’an diharapkan para santri memiliki pegangan dan pengetahuan dari hafalan mereka bahwa setiap peserta didik memiliki spiritual yang tinggi mengingat Al Qur’an merupakan rujukan utama bagi setiap umat muslim.  Selain itu, pada tahun tahun terakhir ini banyak instansi dan universitas memberikan jalur khusus dan beasiswa bagi penghafal Al Qur’an untuk masuk di kampus kampus ternama tersebut. Artinya, Yayasan Sabilurrosyad tengah memikirkan baik hal yang bersifat kebutuhan (pendidikan) duniawi maupun ukhrawi. 

Adapun Program Bahasa juga tidak kalah penting sebagai bekal bagi peserta didik mengingat bahasa Inggris dan Bahasa Arab sudah menjadi bahasa Internasional yang saat ini lumrah dijadikan prasyarat masuk ke perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Selain hal itu, Program Kedisiplinan yang kemudian dikenal dengan Program MABNA,  Madrasah Bela Negara mempunyai fungsi setidaknya; Pertama, kebiasaaan disiplin bagi peserta didik yang sudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari sejak usia belajar. Kedua, Peserta didik diharapkan juga mempunyai jiwa nasionalisme yang kuat, cinta terhadap tanah airnya. 

Terkait dengan Program Olahraga Bola Voli, Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad  menjalin kesepakatan dengan Kila Volleyball Club yang berlokasi tidak jauh dengan Pondok Pesantren Sabilurrosyad. Seperti yang sudah diketahui bahwa  Kila Volleyball Club merupakan klub olahraga bola voli profesional yang sudah banyak menyumbang atlet voli untuk Kabupaten Ciamis bahkan Jawa Barat. 

Dari ke empat program tersebut, Yayasan Pendidikan Sabilurrosyad memberikan kesan untuk setiap warga Kabupaten Ciamis dan sekitarnya bahwa untuk belajar Tahfidzul Qur’an tidak perlu mencari sekolah yang jauh dari Kab Ciamis, demikian juga untuk belajar aktive dalam berbahasa Arab dan Inggris juga diharapkan tidak perlu mencari sekolah di luar Ciamis nun jauh di sana, selain itu juga  untuk merasakan pendidikan yang berdisiplin dan program olahraga yang profesionalis juga diharapkan cukup di Yayasan Sabilurrosyad sudah tersedia ada fasilitasnya.    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *